Tutorial Membuat Hello World Menggunakan Dev C++


Hello world (Halo dunia) merupakan istilah yang populer di dunia pemrograman, biasanya istilah ini / program ini merupakan istilah / program yang pertama kali diajarkan saat belajar pemrograman. program ini sangat sederhana, yang berfungsi menampilkan teks "Hello World!" / "Hello World" di layar. Biasanya program ini dipakai sebagai dasar sebelum membuat program yang di inginkan / yang lebih rumit.


Berikut ini adalah contoh cara membuat Program Hello World dalam bahasa pemrograman C++ dengan menggunakan IDE Dev-C++. Pada program ini kami menggunakan Tanda Double Slash ( // ) untuk memberikan komentar pada program yang kami buat agar sobat lebih memahami program tersebut.

Tanda Double Slash ( // ) sendiri merupakan tanda untuk memberikan komentar pada sebuah program, sehingga semua kalimat yang ditulis pada baris tersebut akan diabaikan atau tidak dieksekusi oleh program.

Cara Mudah Membuat Hello World di Dev C++

1. Buka Aplikasi Dev C++ Agan


2. Buat Program Baru dengan cara : Klik File - New - Source File. Atau agan bisa menggunakan Shortcut tombol Ctrl + N


3. Ketikan Source Code Berikut :
#include <iostream>

using namespace std;

int main ()
{
     // Menampilkan tulisan Hello World ke Layar
     cout<<"Hello World";

     return 0;
}


4. Setelah Source Code dimasukan, Mari kita tes dengan cara Klik Execute - Compile and Run. Atau Agan bisa menggunakan Shortcut F11


5. Maka Dev C++ akan meminta agan untuk menyimpan Project agan sebelum Melakukan Compiling dan Menjalankan program agan, Pilih di mana agan ingin menyimpan , lalu klik Save


6. Setelah agan menyimpan maka akan muncul hasil Program yang agan buat



7. Selamat sobat telah berhasil membuat program Hello World pada bahasa pemrograman C++ dengan menggunakan Dev-C++.

Bagi Agan yang tidak memiliki Software Dev C++ Agan bisa mengunduhnya di bawah ini :


No comments:

Post a Comment

Instagram